Perbedaan Haji Dan Umroh

khazzanah haji umroh
Khazzanah Tours
Biro Perjalanan Wisata, Haji & Umroh
Hubungi Kami
Sentuh Nomor Untuk Hubungi Kami
: 0856 9795 0401
Izin Haji No. D/91/2014
Izin Umroh No. D/780/2013
Melayani Sejak 2001
Assalamu 'alaikum Wr. Wb. Para jamaah yang dirahmati Allah, telah dibuka pendaftaran umrah tahun ini. Tersedia Paket Umrah VIP Bintang 5, Executive Class Bintang 4, dan Spesial Promo Bintang 3. Untuk pendaftaran Umroh pada tahun ini terakhir 1 bulan sebelum tanggal keberangkatan atau jika seat sudah penuh. Terima kasih dan salam hangat. Wassalamu 'alaikum Wr. Wb., Travel Umroh Khazzanah.

Perbedaan Haji Dan Umroh Dalam Islam, Tabel Lengkap !

Perbedaan Haji Dan Umroh Dalam Islam, Tabel Lengkap !

Perbedaan Haji Dan Umroh Dalam Islam


Perbedaan Haji Dan Umroh - Alhamdulillah pada kesempatan kali kita akan mulai membahas Perbedaan antara haji dan umroh, mengenai perbedaan ibadah keduanya sebetulnya ada beberapa bagian atau beberapa hal yang mungkin masih ada sebagian orang atau bahkan umat Islam sendiri yang cukup kesulitan untuk menjelaskan apa perbedaan haji dan umrah ketika mungkin seseorang bertanya kepadanya.

Sebagai seorang muslim, kita sudah kita ketahui bersama bahwa ibadah hajj adalah merupakan suatu ibadah yang hukumnya adalah suatu perkara wajib, oleh karena itu, kita juga seharusnya tahu dari kedua ibadah ini, hal apa sajakah yang membedakan antara ibadah hajj dan umrah ini?

Meskipun dalam hal ini ibadah hajj dan umrah keduanya sama-sama dilaksanakan di Tanah Suci Makkah, namun secara mendasar namun ada beberapa poin perbedaan yang membedakan haji dan umrah. Untuk memudahkan pemahaman dan supaya kita lebih jelas dan terang benderang dalam memahami perbedaan antara ibadah haji dan umrah ini, maka dengan ini kita semua harus mengetahui perbedaannya.

Apa Saja Perbedaan Haji Dan Umroh ?

Perbedaan Haji Dan Umroh Dalam Islam, Tabel Lengkap !

Berikut ini beberapa poin penting mengenai pembahasan perbedaan antara haji dan umroh. Dengan ini secara garis besar kita sudah mengetahui perbedaan yg mendasar diantara keduanya.

Perbedaan antara haji dan umrah adalah :

1. Perbedaan Waktu Pelaksanaannya

Perbedaan Antara Haji Dan Umrah - Ibadah hajj dan umrah seperti yang sudah kita ketahui, ibadah ini memang sama-sama keduanya dilaksanakan di kota Mekkah, akan tetapi dengan demikian ibadah hajj adalah ibadah yang tidak bisa dilakukan dengan waktu yang bebas, tidak seperti halnya umrah yang bisa dilakukan kapan saja waktunya.

Apa maksudnya tidak bebas? Maksudnya adalah ibadah hajj ini hanya boleh dilaksanakan didalam bulan hajj saja, yaitu pada tanggal 09 hingga 13 Dzulhijjah. Oleh karena itu, seandainya jika ada dari seseorang yang melaksankan ibadah hajj yang orang itu melakukan kegiatan ibadah hajj di luar bulan hajj, maka hajj nya itu tidak sah dilakukan.

Perbedaan Haji Dan Umroh Dalam Islam, Tabel Lengkap !

Dengan begitu jelaslah sudah bahwa hajj hanya bisa dilaksanakan setahun sekali pada saat bulan hajj. Sedangkan ibadah umrah ini bisa dilakukan waktunya kapan saja, namun selain pada tanggal yang dimakruhkan untuk melaksanakan umrah yaitu pada hari Arofah pada tanggal 09 Dzulhijah, hari Nahar pada tanggal 10 Dzulhijah dan hari Tasyrik  pada tanggal 11, 12, 13 Dzulhijah.

2. Perbedaan Rukun Manasik Haji & Umroh

Perbedaan Haji Dan Umrah yang kedua adalah terdapat pada manasik atau tatacara pelaksanaannya keduanya. Ibadah hajj sendiri memiliki manasik atau tatacara yang lebih bamyak dibandingkan denga ibadah umrah, dengan lain kata orang yang sudah pernah melaksanakan beribadah hajj juga sudah langsung melaksanakan kegiatan umrah.

Perbedaan Haji Dan Umroh Dalam Islam, Tabel Lengkap !

Adapun rukun umrah ini terdiri dari Ihram (niat berumrah), Thawaf (mengelilingi Kabah), Sa’i (berlari kecil Shhafa Marwah), Tahallul (memotong rambut). Sedangkan untuk prakteknya ibadah hajj semua rukun yang ada pada umrah tersebut di lakukan dan juga ditambah dengan wuquf di 'Arafah, mabit (menginap) di Muzdalifah dan Mina, serta melenpar jumrah yang termasuk kedalam rukun haji.

3. Hukum

Perbedaan Haji Dan Umrah - Sudah kita bahas sebeulumnya bahwa ibadah hajj ini adalah hukumnya wajib, bagi mereka yang telah mampu untuk menjalankannya. Dalam hal ini adalah kemampuan dalam arti meliputi banyak aspek, yaitu kemampuan dari segi materi ada ongkos untuk berangkat ke kota Makkah dan juga harta untuk keluarga yang ditinggalkan selama dalam perjalanan hajj, dan juga mampu dari aspek fisik yang kuat, dan kondisi psikologis yang sehat serta keilmuan tentang pelaksanaan ibadah hajj.

Sedangkan hokum untuk ibadah umrah, beberpa dari sebagian ulama ada yang dari mereka mengatakan wajib (bagi yang mampu) namun ada pula dari sebagian mereka yang mengatakan bahwa ibadah umrah ini dihukumi sunnah mu'akad.

Tabel Perbedaan Haji Dan Umroh

Berikut ini adalah tabel perbedaan haji dan umrah untuk lebih mendekatkan dan memudahkan pemahaman kita tentang perbedaan haji dan umrah :

Perbedaan Haji Umroh
Waktu Bulan Dzulhijjah Kapan Saja
Rukun Ihram, Thawaf, Sa'i, Tahalull,
Wukuf di Arafah, Mabit di Mina,
Lempar Jumroh
Ihram, Thawaf, Sa'i, Tahalull
Hukum Wajib Sunnah Mu'akkadah

Semoga dengan adanya pembahasan mengenai Perbedaan Haji Dan Umroh ini bisa bagi kita semua untuk menambah pengetahuan dan wawasan kita untuk menjadikan ibadah haji dan umroh untuk lebih ringan dan diberik kemudahan dalam melaksanakannya.

Dengan kesungguhan niat untuk mengharapkan ridlo Allah swt. serta dengan mengitikadkan bahwa kita sebagai muslim yang senantiasa ingin menjadi hamba yanng sellalu taat terhadap perintah Allah dan Rasul-Nya dan ingin menjadi salah satu umat terbaik baginda Nabi Muhammad saw.

Bagi Anda yang ingin melaksanakan ibadah hajj atau umrah semoga niatan baik Anda Allah mudahkan segala urusannya, dan juga ibadah umrah dan hajj yang telah dijalani Allah terima dan menjadi amal kebaikan yang bisa kita rasakan didunia ini ataupun di akhirat kelak dan mendapatkan pahala haji dan umroh mabrur. Aamiin Yaa Rabbal 'Aalamiin.

www.khazzanahhajiumroh.com

Subscribe to receive free email updates: