Keutamaan Bulan Ramadhan

khazzanah haji umroh
Khazzanah Tours
Biro Perjalanan Wisata, Haji & Umroh
Hubungi Kami
Sentuh Nomor Untuk Hubungi Kami
: 0856 9795 0401
Izin Haji No. D/91/2014
Izin Umroh No. D/780/2013
Melayani Sejak 2001
Assalamu 'alaikum Wr. Wb. Para jamaah yang dirahmati Allah, telah dibuka pendaftaran umrah tahun ini. Tersedia Paket Umrah VIP Bintang 5, Executive Class Bintang 4, dan Spesial Promo Bintang 3. Untuk pendaftaran Umroh pada tahun ini terakhir 1 bulan sebelum tanggal keberangkatan atau jika seat sudah penuh. Terima kasih dan salam hangat. Wassalamu 'alaikum Wr. Wb., Travel Umroh Khazzanah.

Keutamaan Bulan Ramadhan Ada 9 Keistimewaan Cek Disini !

Keutamaan Bulan Ramadhan Ada 9 Yang Perlu Antum Ketahui !

Keutamaan dan Keistimewaan Bulan Ramadhan


Kutamaan Bulan Suci Ramadhan - Bulan Ramadhan merupakan satu bulan yang mana pada bulan selalu di nanti-nanti bagi kaum muslimin yang berada diseluruh dunia. Tidak heran kenapa sangat dinantikan, karena pada bulan ini berdasarkan keterangan yang Allah dan Rasul-Nya yang telah disampaikan bahwasanya pada bulan Ramadhan segala amal kebaikan pahalanya akan dilipatgandakan sampai tak terhingga karena hanya Allah saja yang tahu perhitungannya.

Keistimewaan Bulan Ramadhan - Berlalunya bulan Ramadhan setelah didalamnya kaum muslimin menjalankan ibadah puasa, hal jauh lebih disesalkan dan dirasakan kesedihan yang mendalam daripada kepulangan seorang tamu mulia yang berlalu lalu pergi. Kenapa? Karena bulan ini adalah bulan mulia yang didalamnya banyak sekali ampunan dan percepatan do'a seorang hamba juga dibebaskannya seseorang dari dosa-dosa yang telah lalu jika dia melakukan taubatanasuuha.


Maka tak heran jika para salaf terdahulu senantiasa berdoa jauh sebelum tiba bulan Ramadhan ini mengingat keutamaan bulan Ramadhan ini begitu besar pahalanya :
"Yaa Allah Yaa Rabb, pertemukanlah lagi aku dengan Ramadhan, dan pertemukanlah pula Ramadhan denganku, dan jadikan amal ibadahku pada bulan mulia itu diterima disisi Mu Yaa Allah"

Mungkin ada beberapa dari kita bertanya-tanya, apa sebenarnya keutamaan / keistimewaan / keunggulan bulan Ramadhan ini jika dibandingkan dengan bulan lainnya? Pada kesempatan kali ini, Admin akan sebutkan beberapa keutamaan bulan Ramadhan sedikitnya ada sembilan 9 keutamaan bulan Ramadhan, meskipun tentu saja sebetulnya banyak sekali keutamaan bulan yang mulia ini yang telah disebutkan oleh para 'alim ulama yang kita ambil sedikit darinya.

1. Bulan Ramadhan adalah bulan di turunkannya Al-Quranul Karim 

Keutamaan Bulan Ramadhan Ada 9 Yang Perlu Antum Ketahui !

Keutamaan Bulan Ramadhan dan Dalilnya - Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa bulan suci Ramadhan adalah bulan yang sangat bersejarah bagi umat Islam, karena pada bulan ini di turunkannya wahyu Al-Qur'an pertama kali, yang Al-Quran ini sebgai mukjizat terbesar dari penutup para nabi yang diturunkan kepada Baginda Nabi Besar Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam yang berlaku hingga akhir zaman dan menjadi kitab suci umat Islam. Seperti dalam firman Allah SWT :

شهر رمضان الذي أنزل فيه القرآن هدى للناس وبينات من الهدى والفرقان فمن شهد منكم الشهر فليصمه ومن كان مريضا أو على سفر فعدة من أيام أخر يريد الله بكم اليسر ولا يريد بكم العسر ولتكملوا العدة ولتكبروا الله على ما هداكم ولعلكم تشكرون

Arti Surat Al-Baqarah Ayat 185 :

(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barang siapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.
(Q.S. Al-Baqarah: 185)

Imam Ibnu Katsir Rahimahullah berkata : "Allah SWT memuji bulan Puasa diantara bulan-bulan lainnya dengan memilih bulan tersebut (sebagai waktu) diturunkannya Al-Qur'an"  (Tafsir Ibnu Katsir 1/282).

2. Pintu Surga Dibuka dan Pintu Neraka Ditutup 

Keutamaan Bulan Ramadhan Ada 9 Yang Perlu Antum Ketahui !

Keutamaan Bulan Ramadhan dan Dalilnya - Dalam bulan Ramadhan, pintu surga dibuka dan pintu neraka di tutup. Seperti Sabda Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam :

عن أبي هريرة رضي الله عنه أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: (إذا جاء رمضان فُتّحـت أبواب الجنة، وغُـلّـقـت أبواب النار، وصُفّـدت الشـياطين) رواه مسلم.

Artinya : "apabila telah datang bulan Ramadan, pintu-pintu langit dibuka, sedangkan pintu-pintu neraka akan ditutup, dan setan dibelenggu" (diriwayatkan bukhari dan muslim). 

3. Bulan Pengampun Dosa

Keutamaan Bulan Ramadhan Ada 9 Yang Perlu Antum Ketahui !

Keutamaan Bulan Ramadhan yang ketiga adalah bulan pengampun dosa yang mana Allah telah melapangkan ampunan dibulan lainnya, tapi khusus untuk bulan Ramadan diluaskan seluas luasnya. Nabi Muhammad SAW bersabda :

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : " مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ " رواه البخاري 38 ومسلم 760

Artinya : "Barang siapa yang berpuasa Ramadhan dengan penuh iman dan mengharap pahala, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu" (diriwayatkan bukhari dan muslim). 

Dalam hadist lain beliau bersabda :

رَغِمَ أَنْفُ رَجُلٍ دَخَلَ عَلَيْهِ رَمَضَانُ ، ثُمَّ انْسَلَخَ قَبْلَ أَنْ يُغْفَرَ لَهُ

Artinya : "celakalah seseorang, ia memasuki bulan Ramadan kemudian melaluinya sedangkan dosanya belum diampuni" (diriwayatkan oleh Tirmidzi dan Ahmad).

4. Amal Sholeh Dilipat Gandakan

Keutamaan Bulan Ramadhan Ada 9 Yang Perlu Antum Ketahui !

Keutamaan Bulan Ramadhan - Keistimewaan Ramadhan lainnya adalah dilipatgandakan amal soleh. Tentu saja untuk menjalankan amalan sholeh merupakan suatu kewajiban bagi setiap umat muslim di dunia ini bahkan non muslim sendiri. Bagi kaum muslimin berlaku kebaikan adalah sebuah keharusan karena akan mendapat pahala yang besar di sisi Allah asalkan dengan landasan lillahi ta'aala dan ini apalagi seandainya dilakukan di bulan Ramadan, setiap amalan sholeh yang telah kita lakukan maka akan dilipat gandakan dibulan Ramadan, sampai dengan 70 kali lipat sebagai yang terdapat dalam hadist :

Khutbah Rasulullah SAW pada akhir bulan Sa'ban : "Hai manusia, bulan yang agung, bulan yang penuh berkah telah bernaung. Bulan yang didalamnya ada satu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Bulan yang padanya Allah mewajibkan berpuasa. Qiyamullail disunnahkan. Barang siapa pada bulan itu mendekatkan diri pada Allah dengan suatu kebaikan, nilainya seperti orang yang melakukan perbuatan yang diwajibkan pada bulan lainnya. Dan barang siapa yang melakukan suatu kewajiban pada bulan itu, nilainya sama dengan tujuh puluh kali lipat dari kewajiban yang dilakukannya pada bulan lainnya. Keutamaan sedekah adalah sedekah pada bulan Ramadan (HR. Bukhori dan Muslim). 

Rasulullah shallahu alaihi wa sallam bersabda :

عمرة في رمضان تعدل حجة

Artinya : "pahala umrah pada bulan Ramadan menyamai ibadah haji" (diriwayatkan oleh bukhari dan muslim)

عمرة في رمضان كحجة معي

Dalam riwayat muslim disebutkan : ".... menyamai pahala ibadah haji bersamaku". 

Ibnu Rajab rahimahullah berkata (Abu Bakr bin Abi Maryam menyebutkan bahwa banyak guru-gurunya yang berkata : apabila telah datang bulan Ramadan maka perbanyaklah berinfaq, karena infaq bulan Ramadhan dilipat gandakan bagaikan infaq fi sabilillah, dan tasbih pada bulan Ramadan lebih utama dari tasbih di bulan lain). 

5. Terdapat Malam Lailatul Qadar

Keutamaan Bulan Ramadhan Ada 9 Yang Perlu Antum Ketahui !

Keutamaan Bulan Ramadhan - Salah satu keutamaan terbesar pada bulan Ramadan ini adalah Lailatul Qadar (malam yang lebih baik dari seribu bula) ini adalah malam yang memiliki banyak berkah dan kemuliaan yang sangat tinggi yang waktunya berada pada 10 hari terakhir di bulan Ramadhan yang satu malam tersebut lebih dari seribu bulan jika kita mendapatkannya. Seperti dalam firman Allah SWT :

"Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur'an) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu Apakah malam kemuliaan itu ? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seri bulan. Pada malam itu turun malikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) Kesejahteraan sampai terbit fajar (Al Qadr : 1-5).

Dalam hal ini, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda :

إِنَّ هَذَا الشَّهْرَ قَدْ حَضَرَكُمْ وَفِيهِ لَيْلَةٌ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ ، مَنْ حُرِمَهَا فَقَدْ حُرِمَ الْخَيْرَ كُلَّهُ

Artinya : "Sesungguhnya bulan Ramadan telah datang kepada kalian, di dalamnya terdapat sebuah malam yang lebih baik dari seribu bulan, barang siapa yang tidak mendapatinya maka ia telah kehilangan banyak sekali kebaikan" (diriwayatkan oleh Ibnu Majah dan dihasankan oleh Al Mundziry).

6. Disyariatkan untuk I'tikaf

Keutamaan Bulan Ramadhan Ada 9 Yang Perlu Antum Ketahui !

Keutamaan Bulan Ramadhan"Dihalalkan bagi kamu pada malam hari bulan puasa bercampur dengan istri-istri kamu; mereka adalah pakaian bagimu, dan kamupun adalah pakaian bagi mereka. Allah mengetahui bahwasanya kamu tidak dapat menahan nafsu, karena itu Allah mengampuni kamu dan memberi ma'af kepadamu .Maka sekarang campurilah mereka dan ikutilah apa yang telah ditetapkan Allah untukmu, dan Makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, Yaitu fajar. kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam, (tetapi) janganlah kamu campuri mereka itu, sedang kamu beri'tikaf dalam mesjid. Itulah larangan Allah, Maka janganlah kamu mendekatinya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada Manusia, supaya mereka bertakwa" (Al-Baqarah : 187).

Anas radiallahu anhu berkata :

"adalah Nabi Shallahu alaihi wa sallam beri'tikaf pada 10 hari terakhir dari bulan Ramadan, sampai beliau wafat, kemudian istri-istri beliau pun beri'tikaf setelahnya" (diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim). 

7. Bulan Ramadhan merupakan sebuah asbab seseorang masuk kedalam Jannah

Keutamaan Bulan Ramadhan Ada 9 Yang Perlu Antum Ketahui !

Keutamaan Bulan Ramadhan - Terdapat dua orang pada masa Rasulullah saw yang keduanya terdiri dari bai Qudha'ah yang masuk islam, dari kedua orang tersebut, salah satu dari keduanya mati syahid, sementara yang satunya wafad setahun kemudian, salah seorang sahabat bernama Thalhah bin Ubaidillah radhiallahu anhu berkata : aku bermimpi surga, lalu aku melihat orang wafat setahun kemudian tersebut masuk surga sebelum orang yang mati syahid, akupun heran-heran, maka tatkala pagi hari lalu aku memberitahu Rasulullah shallahu alaihi wa sallam, beliaupun bersabda :

 أَلَيْسَ قَدْ صَامَ بَعْدَهُ رَمَضَانَ ، وَصَلَّى بَعْدَهُ سَنَةً سِتَّةَ آلافِ رَكْعَةٍ وَكَذَا وَكَذَا رَكْعَةً ؟

Artinya : "bukankah setelah itu (dalam waktu setahun) ia berpuasa Ramadhan, shalat enam ribu rakaat atau shalat sunnah beberapa rakaat?" (diriwayatkan oleh Ahmad dan dishahihkan oleh Albani). 

8. Ramadhan bulan penuh berkah, rahmat, ampunan dan musatajabnya do'a

Keutamaan Bulan Ramadhan Ada 9 Yang Perlu Antum Ketahui !

Keutamaan bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, rahmat dan mustajabnya doa doa yang dipanjatkan seorang hamba akan lebih cepat untuk terkabul, Rasulullah SAW bersabda :

اتاكم رمضان شهر مبارك

Artinya : "telah datang kepada kalian bulan Ramadan, bulan penuh berkah.. "(diriwayatkan oleh An Nasai dan dan dishahihkan oleh Albani).

dan sabda Rasulullah SAW selanjutnya :

 إذا جاء رمضان فتحت أبواب الجنة وغلقت أبواب النار وصفدت الشياطين

Artinya : "apabila telah masuk bulan Ramadan, maka dibukalah pintu-pintu rahmat, sedangkan pintu-pintu neraka jahannam ditutup, dan setanpun dibelenggu"

Kemudian dilanjutkan penjelasan mengenai mustajabnya doa yang dipanjatkan pada bulan Ramadhan melalui sabda Rasulullah SAW :

 أنَّ لكلِّ مسلمٍ في كلِّ يومٍ وليلةٍ من رمضان دعوةٌ مستجابةٌ

Artinya : "sesungguhnya setiap muslim pada siang hari dan pada malam hari- pada bulan Ramadan - memilik doa mustajab" (diriwayatkan oleh Al Bazzar dan disahihkan oleh Albani)

9. Ramadhan adalah bulan ibadah

Keutamaan Bulan Ramadhan Ada 9 Yang Perlu Antum Ketahui !

Keutamaan Bulan Ramadhan - Bulan Ramadhan adalah bulan ibadah dan memperbanyak kuantitas dan memperbaiki kualitas amal kebaikan untuk kita gunakan setelah kita lalui dengan berpuasa untuk menghadapi 11 bulan lainnya. Seperti dalam sabda Rasullullah shallahu alaihi wa sallam bersabda :

من قام رمضان ايمانا واحتسابا غفر له ماتقدم من ذنبه

Artinya : "barang siapa yang berdiri shalat pada bulan Ramadan dengan penuh iman dan mengharap pahala maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu" (diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim).

Dan apabila telah memasuki sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, mengencangkan sarung beliau, menghidupkan malam Ramadhan, dan membangunkan keluarganya untuk bersama-sama beribadah untuk mendapatkan Keutamaan Bulan Ramadhan.

Semoga artikel Keutamaan Bulan Ramadhan ini memberi kita semangat untuk menghidupkan bulan Ramadhan ini dengan amal kebaikan dan ibadah yang kita tingkatkan, mengingat pahala dan kasih sayang Allah sangat berlimpah di bulan suci ini. Dan kita berharap semoga amal ibadah kita semua yang sudah kita lakukan, Allah terima dan dapat menjadi penerang dan penunjuk jalan kehidupan baik itu di dunia ataupun nanti di akirat. Wallahu'alam Bishshowaaab.  Aamiin.

www.khazzanahhajiumroh.com

Subscribe to receive free email updates: